NAMA: INDIRA HANINDHIA (17215772)
KELAS: 4EA21
MODEL
DESKRIPTIF MANAJEMEN STRATEGIK
Formulasi
Strategi
Formulasi
strategis atau yang biasanya disebut dengan Perencanaan Strategis merupakan
proses penyusunan perencanaan jangka panjang. Karena itu, prosesnya lebih
banyak menggunakan proses analitis. Jadi, dalam perencanaan strategis ini
analisis-analisis baik pada tingkat korporat maupun pada tingkat bisnis sangat
dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk menyusun strategi sehingga sesuai dengan
misi, sasaran, serta kebijakan perusahaan. Sebelum menyusun model analisis
strategis, ada beberapa pertanyaan dasar yang harus dijawab terlebih dahulu,
yaitu:
1.
Bagaimana perusahaan tersebut menentukan alternatif strategis?
2. Metode
dan alat apa yang dipergunakan untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi
alternatif strategis dalam lingkungan perusahaan?
3.
Faktor-faktor apa yang memengaruhi pilihan strategis tersebut?
Implementasi
Strategi
A.
Pengertian
Implementasi
adalah pekerjaan yang dilakukan setelah merumuskan strategi. Dengan
keterampilan intuitif dan analitis yang baik, motivasi, dan kepemimpinan khusus
serta mampu melakukan banyak koordinasi
Implementasi
strategi adalah proses di mana manajemen mewujudkan strateginya dalam bentuk
program, prosedur dan anggaran. Implementasi strategi juga dapat diartikan
sebagai pengembangan strategi dalam bentuk tindakan.
Implementasi
terkadang lebih sulit karena implementasi membawa sebuah perubahan. banyak
faktor2 tak terduga yang bisa menjadi hambatan.
Hitt,
Ireland, dan Hoskisson (2000) menekankan bahwa serangkaian tindakan strategis
yang disebut formulasi strategi dan implementasi strategi harus disatukan
dengan hati-hati jika perusahaan ingin mencapai daya saing strategis dan
menghasilkan pendapatan di atas rata-rata. Kesuksesan persaingan terjadi ketika
perusahaan menggunakan perangkat dan tindakan implementasi secara konsisten
dengan strategi-strategi level-bisnis, level-perusahaan, akuisisi,
internasional, dan kerjasama yang sebelumnya dipilih.
Perumusan
strategi dan implementasi strategi harus sesuai dengan tujuan strategis dan
misi strategis. Tujuan strategis dan misi strategis disusun berdasarkan
informasi yang diperoleh dari analisis lingkungan eksternal dan lingkungan
internal. Perusahaan mempelajari lingkungan eksternal dan internal agar dapat
mengidentifikasi peluang-peluang dan ancaman pasarnya dan menentukan bagaimana
menggunakan kompetensi-kompetensi intinya dalam usaha mendapatkan hasil
strategisnya yang diinginkan. Dengan pengetahuan ini, perusahaan membentuk
tujuan-tujuan strategis, misi strategis mensefisikasi, secara tertulis,
produk-produk yang ingin diproduksi oleh perusahaan tersebut dan pasar yang
ingin dilayani ketika mendayagunakan sumber daya, kapabilitas, dan
kompetensi-kompetensinya.
B.
Cakupan
Implementasi Strategi
Penerapan
atau implementasi strategi mencakup (1) penguasaan perusahaan (corporate
governance), (2) struktur dan kontrol organisasi (organizationa structure and
control), (3) kepemimpinan strategis (strategic leadership), dan kewirausahaan
dan inovasi perusahaan (entrepreneurship & innovation).
C.
Seputar
Implementasi Strategi
1. Tujuan Tahunan/ annual objective
2. Kebijakan (Policy)
3. Alokasi Sumber Daya (Resource Allocation)
4. Mengelola Konflik (Conflict Management)
5. Menyesuaikan struktur dengan strategi
6.Restrukturisasi
7.Reward
D.
Berbagai
Kemungkinan Formulasi dan Implementasi Strategi
1. Success
2. Roulette
3. Trouble
4. Failure
E.
Proses
Implementasi Strategi
1. Menganalisa perubahan
2. Analisis struktur organisasi
3. Analisis budaya organisasi
4. Analisis gaya kepemimpinan
5. Implementasi dan evaluasi strategi
Evaluasi
dan Pengawasan
Evaluasi
strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategik. Para manajer sangat
perlumengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik, evaluasi
strategi berarti usaha untuk memperoleh informasi ini. Semua strategi dapat
dimodifikasi di masa depan karena faktor-faktor eksteral dan internal selalu
berubah.
Evaluasi
Strategik adalah proses manajemen strategi dimana manajer puncak berusaha
memastikan bahwa strategi yang mereka pilih terlaksana dengan tepat dalam
mencapai tujuan perusahaan.
Proses
Pengawasan dan Evaluasi:
1.
Menetapkan asumsi lingkungan yang mendasar terhadap strategi dan rencana.
2.
Memantau faktor lingkungan untuk mendeteksi penyimpangan yang penting.
3. Jika
terjadi penyimpangan yang luar biasa, lakukan penilaian kembali terhadap
tujuan, strategi, dan rencana.
4.
Melaksanakan formulasi strategi baru dan proses pelaksanaan sebagaimana
diperlukan.
Jenis-jenis Pengawasan:
1.
Pengendalian Asumsi
2.
Pengendalian Implementasi
3.
Pengawasan Strategi
4.
Pengendalian Peringatan Khusus
Kriteria
Evaluasi Strategi:
Kriteria Kuantitatif:
1.
Laba bersih
2.
Harga saham
3.
Tingkat deviden
4.
Laba per lembar saham
5.
ROI
6.
Market share
7.
Pertumbuhan penjualan
8.
Jumlah jam kerja yang hilang karena pemogokan karyawan
9.
Biaya produksi dan efisiensinya
10.
Labor turn over
11.
Tingkat kemangkiran
12.
Indeks kepuasan buruh
13.
Rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas
Kriteria Kualitatif:
a.
Konsistensi
b. Ketepatgunaan
(appropriateness)
c. Dapat
Dilaksanakan (Workability)
Implementasi
Model
FORMULASI STRATEGI
|
IMPLEMENTASI
STRATEGI
|
1. Perumusan
strategi adalah
memposisikan kekuatan sebelum
dilakukan tindakan
|
1. Implementasi
strategi adalah
mengelola kekuatan yang “me-
manage” semua aspek selama
tindakan dijalankan
|
2. Berfokus pada
efektivitas
|
2. Berfokus pada
efisiensi
|
3. Lebih merupakan
proses intelektual
|
3. Lebih merupakan
proses operasional
|
4. Membutuhkan
keahlian intuitif dan
analisis yang tajam
|
4. Membutuhkan
motivasi khusus dan
keahlian kepemimpinan
|
5. Membutuhkan
koordinasi diantara
beberapa individu
|
5. Membutuhkan
koordinasi diantara
banyak individu
|
DAFTAR
PUSTAKA
Ernie,tisnawati sule, 2010, Pengantar Manajemen,
Jakarta: kencana
Ismail,solihin, 2009, Pengantar Manajemen, Jakarta:
PT Gelora Aksara Pratama
Juliana, pengantar manajemen, 2008, pekanbaru: suska
press
Sondang, P. Siagian, 2003, Manajemen Stratejik,
Jakarta: PT Bumi Aksara
Stephen P robbins, 2009, Manajemen, Jakarta :
Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar